Networking Dasar (Pemula)

Setelah beberapa hari sibuk di dunia Nyata, akhirnya bisa kembali dalam keadaan sehat walafiat, walau kekurangan duit, makan siang kali ini belum jelas, dan pacar masih setia, saya  di sms beberapa rekan untuk membuat tutorial tentang Networking, di mana sebelumnya saya ingat kan kembali, bahwa saya bukan seorang yang mempunyai disiplin ilmu ini, saya belajar karena seleksi alam dan tuntutan zaman. Kali ini saya akan menggunakan bahasa alam saya, dengan asumsi saya bahwa requester dapat memahami Tutor ini. Ok?

Di dunia Networking hal yang paling dasar adalah Pengkabelan, Ip Address (menurut saya, mohon di ralat kalo salah), sebelum mengenal lebih jauh tentang sebuah Router, Pertama kali saya melihat dua Unit Komputer saling berhubungan Tanpa melihat sebuah switch/Hub, belakang baru tahu kalo menggunakan SWITCH/HUB juga bisa, namun kalo hanya 2 unit sangat pemborosan,..setelah nanya sama kakak² eeek malah ngk ada yang mau ngasih penjelasan, akhirnya ku putus kan untuk selalu bertanya pada Paman.

Paman menjelaskan bahwa sesama Jenis ini bisa saling berhubungan di karenakan ada nya sebuah Kabel yang menghubungkan dengan menggunakan Cross, saya tidak puas dengan Pernyataan Paman, kata paman itu dapat dari rumah keluarganya yang ada di luar negeri sana, dengan setia saya tetap bertanya pada Paman. Kata kunci yang pertama kali ku tanyakan adalah cable Cross dan paman berikan banyak refrensih, untuk sementara aku dapat bacaan, Bentar saya lanjutkan ada kawan yang bertanya tentang Mikrotik.

Komentar

  1. mantabzzzzz pak dedy...mohon lanjutan tulisan bapak tentang membangun proxy server step by step.kalau bisa di mulai dari awal instal proxy pakai OS apa....

    BalasHapus
  2. maap baru balas, saya masih sibuk di dunuia nyata..
    mencari sesuap nasi,..kalo ada waktu saya akan lanjutkan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

NAT Mikrotik selalu bermasalah jika Padam PLN, ini SOLUSInya..

PESONA BUDAYA KABUPATEN DONGGALA

Kupas Tuntas setingan Hotspot Di Mikrotik